

RSUD Drs. Jacobus Luna, M.Si Kabupaten Bengkayang menerima kunjungan dari Direktorat Mutu Pelayanan Kementerian Kesehatan R.I dan Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat pada hari Jumat, tanggal 27 September 2024. Kunjungan ini dilakukan dalam rangka melakukan survei kepuasan pasien terhadap pelayanan rumah sakit yang berada di Kabupaten Bengkayang. Responden survei adalah pasien dan keluarga pasien yang sedang berobat jalan maupun rawat inap. Berdasarkan hasil survei sebanyak 35 responden yang berobat di RSUD Drs. Jacobus Luna, M.Si Kabupaten Bengkayang sebagian besar menyampaikan bahwa untuk pelayanan rumah sakit sudah baik, tetapi perlu adanya perbaikan fasilitas pendukung untuk kenyamanan pasien dan keluarga yang menunggu.
Survei kepuasan pasien yang dilakukan ini bukan untuk mencari kesalahan atau kejelekan pelayanan rumah sakit, tetapi dalam upaya memperbaiki pelayanan yang belum optimal dan meningkatkan pelayanan yang sudah berjalan dengan baik.
Dalam Rencana Strategi Bisnis Unit Pelayanan Kesehatan, mendefinisikan pengembangan tingkat kepuasan pelanggan adalah kepuasan pasien terhadap pelayanan medik dan keperawatan, pelayanan penunjang, dan sarana prasarana di Unit Pelayanan Kesehatan yang diukur berdasarkan hasil survey kepuasan pelanggan. Kepuasan pasien merupakan hasil dari layanan kesehatan yang baik. Kepuasan pasien adalah tujuan utama dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan.
Pengalaman yang menyenangkan dengan layanan kesehatan dapat meningkatkan tingkat kepatuhan pasien terhadap rencana pengobatan. Pasien yang tidak puas atau kecewa saat menggunakan layanan kesehatan biasanya tidak patuh pada rencana pengobatan, nasihat, atau dokter. Mereka mungkin mencari penggantian dokter atau fasilitas layanan kesehatan.
RSUD Drs. Jacobus Luna, M.Si mengucapkan terima kasih kepada tim dari Direktorat Mutu Pelayanan Kesehatan ibu Wati Mekarsari, SKM. MKM dan Bapak Dede Hendaya serta tim dari Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat Bapak Hangga dan Bapak Zulkifli yang telah melakukan survei kepuasan pasien sebagai pihak eksternal rumah sakit, sehingga hasil yang diperoleh dapat dijadikan bahan evaluasi untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di RSUD Drs. Jacobus Luna, M.Si Kabupaten Bengkayang.